Senin, 22 Maret 2010

Sejarah singkat berdirinya HANGTUAH MANIA

Sejarah singkat berdirinya HANGTUAH MANIA
Oleh:DT.Nouvendi,SK.

Mermula pada pertemuan minggu sore, tepatnya tanggal 17 januari 2010 dihalaman gedung Idrus Tintin, Bandar Serai Pekanbaru. Pertemuan tersebut dihadiri salah seorang pendiri dan beberapa orang anggota Asykar Theking, pendiri dan anggota Ultras 1955, Boedak Mania UIR, Lancang Kuning Mania dan Askar Mania/LSR.

Pertemuan tersebut merupakan imbas dari insiden – insiden yang dialami suporter - suporter PSPS Pekabaru dalam mendukung PSPS Pekanbaru, baik di stadion Rumbai maupun dipertandingan tandang. Dengan latar belakang dan semangat yang sama yakni satu jiwa, satu cita, satu cinta PSPS Pekanbaru, itulah yang membuat pertemuan tersebut diadakan. Hal ini merupakan gagasan salah seorang anggota Asykar Theking yakni Dedi Hartanto Lubis dan Boedak Mania UIR, yang ingin menyatukan semua pendukung PSPS Pekanbaru dalam satu wadah. Dengan mendengarkan beberapa pandangan dari yang hadir sa’at itu, yakni Doni Arseto (Asykar Theking), Andi Pandeka dan Zef (Askar Mania/LSR), Andri Fitra (Ultras 1955) dan DT.Nouvendi,SK (Boedak Mania UIR) serta beberapa orang yang hadir dalam pertemuan tersebut, maka tercapailah kesepakatan untuk membentuk sebuah wadah baru untuk mendukung PSPS Pekanbaru.


Dengan pembahasan yang cukup panjang pada sa’at itu dan tidak ditemukan nama yang cocok, maka pada pertemuan pertama tersebut wadah ini belum mempunyai nama, maka dari itu disepakati setiap yang hadir pada hari itu untuk membuat nama, dan akan dibahas dipertemuan selanjutnya. Selain itu pada pertemuan pertama tersebut berdasarkan kesepakata bersama maka dipercayakan kepada Andi Pandeka sebagai Ketua Umum wadah yang tanpa nama tersebut.

Dalam pertemuan kedua, tepatnya hari Rabu 20 Januari 2010, bertempat ditaman Tugu Perjuangan didepan Gubernuran, yang beragendakan pembahasan nama yang akan dipakai untuk wadah tanpa nama tersebut, dan disamping itu juga membahas persiapan untuk mendukung PSPS Pekanbaru menjamu Bontang FC distadion Rumbai, pada tanggal 24 Januari 2010.
Dari pertemuan kedua tersebutlah disampaikan usulan – usulan nama yang akan dipakai , dari beberapa usulan – usulan tersebut maka disepakatilah satu nama yakni HANGTUAH MANIA. Yang mana Hangtuah Mania ini akan mengkordinir suporter – suporter PSPS Pekanbaru yang ada, dan disepakati pula suporter yang ada pada saat itu menjadi korwil dari Hangtuah Mania. yaitu korwil Ultras 1955, Korwil Kamboja Mania, Askar Mania , Lancang Kuning Mania, Boedak Mania UIR,Bocah Mania, dan korwil Atom Mania.

Tentu tidak mudah untuk membentuk sebuah wadah baru, yang bertujuan untuk menyatukan soporter yang sudah ada, selain dalam keadaan yang sudah berbeda, setiap suporter yang sudah ada itupun mempunyai pandangan yang berbeda. Maka pada pertemuan ketiga pada tanggal 3 Februari 2010 bertempat dikantor ORMAS MKGR Pekanbaru. Dengan agenda pembentukan struktur pengurus Hangtuah Mania, disepakatilah pengurus Hangtuah Mania yang mana adalah orang – orang yang diusulkan dari setiap korwil yang ada , degan demikian semua aspirasi dari setiap suporter yang ada akan dapat terwakili. Setelah pembahasan dan pemilihan pengurus diselesaikan dengan musyawarah, maka pembahasan selanjutnya adalah tentang rencana deklarasi Hangtuah Mania. Yang disepakati dibahas pada pertemuan – pertemua selanjutnya. Salah satu tanda Hangtuah Mania akan bertambah besar yakni pada pertemuan ketiga tersebut bertambahnya dua korwil baru yakni Pekanbaru Hooligans dan Cendana Mania.

Perjalanan yang singkat bagaikan ulat menjadi kepompong kemudian berubah menjadi kupu – kupu, paling tidak meghabiskan waktu 63 hari dan 15 kali pertemuan tentu tidak mungkin tanpa menghadapi masalah, baik dari dalam maupun dari pihak luar yang mencoba mengganggu fundamen Hangtuah Mania . Namun dengan semangat bersama satu suara untuk satu tujuan, mendukung PSPS Tecinta, maka masalah itu dapat dihadapi bersama . Dengan perjuangan dan kerja keras bersama tersebut, maka tercapailah salah satu niat, yakni untuk mendeklarasikan Hangtuah Mania pada hari Sabtu 20 Maret 2010. demikian sejarah singkat berdirinya Hangtuah Mania.

”Mari Bersama Satu Suara Untuk Satu Tujuan, Jayalah PSPS Pekanbaru”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar